Rabu, November 14, 2012

SOAL PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK


1.       Dalam kehidupan anak ada dua operasi yang berproses secara kontinyu yaitu pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua hal yang saling berkaitan. Jelaskan!
Jawab :
a.       Pertumbuhan
Pertumbuhan berkaitan dengan perubahan kuantitatif yang menyangkut peningkatan ukuran dan struktur biologis. Pertumbuhan dapat juga diartikan sebagai proses transmisi dari konstitusi fisik (keadaan tubuh atau keadaan jasmaniah) yang herediter dalam bentuk proses aktif secara berkesinambungan.
Hasil pertumbuhan antara lain berwujud bertambahnya ukuran-ukuran kuantitatif badan anak, seperti panjang, berat, dan kekuatannya. Begitu pula pertumbuhan mencangkup perubahan yang semakin sempurna dalam sistem jaringan saraf dan perubahan-perubahan struktur jasmani lainnya. Maka dengan demikian, pertumbuhan dapat juga diartikan sebagai proses perubahan dan proses pematangan fisik.
 Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan yang kurang normal pada organisme, yakni:
Pertama,faktor-faktor yang terjadi sebelum proses kelahiran. Misalnya, peristiwa kekurangan nutrisi pada ibu dan janin terkena virus , keracuan sewaktu dalam kandungan. Atau terkena penyakit seperti TBC, kolera, tifus, dan lain-lain.
Kedua, faktor ketika lahir atau pada saat proses kelahiran. Faktor ini antara lain adalah intracranial haemorage atau pendarahan pada bagian kepala bayi yang disebabkan oleh terkena dari dinding rahim ibu sewaktu bayi dilahirkan dan oleh efek susunan saraf pusat, karena proses kelahiran bayi dilakukan dengan bantuan tang (tangver-lossing).
Ketiga, faktor yang dialami bayi setelah proses kelahiran, antara lain karena oengalaman traumatik pada bagian kepala, kepala bagian dalam terluka karena kepala bayi (janin) terpukul atau mengalami serangan sinar matahari (zonnestiek) atau infeksi pada otak atau selaput otak. Semua penyebab tersebut mengakibatkan pertumbuhan bayi dan anak sangat terganggu.
Keempat, faktor psikologis antara lain karena bayi ditinggalkan ibu, ayah, atau kedua orang tuanya. Sebab lain yaitu anak-anak dititipkan pada suatu lembaga, seperti rumah sakit atau     rumah yatim. Anak-anak tersebut mengalami kehampaan psikis (innanitie psikis), sehingga mengakibatkan kelambatan pertumbuhan pada semua fungsi jasmaniah. Pertumbuhan fisik memang mempengaruhi perkembangan psikologis, demikian juga sebaliknya factor psikologis dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik.

b.      Perkembangan
Secara umum konsep perkembangan dikemukakan oleh Werner (1957) sebagai berikut:”Perkembangan sejalan dengan prinsip orthogenesis, bahwa perkembangan berlangsung dari keadaan global dan kurang berdiferensiasi sampai ke keadaan dimana diferensiasi, artikulasi, dan integrasi meningkat secara bertahap,” proses diferensiasi itu diartikan sebagai prinsip totalitas pada diri seorang anak.
Sejak bayi dilahirkan, ia telah mempunyai “gambaran total atau gambaran lengkap” tentang dunia ini, hanya saja gambaran tersebut masih kabur dan samar-samar. Terbawa oleh perkembangannya, gambaran total yang samar-samar berangsur-angsur menjadi terang dan bagian-bagiannya bertambah nyata, jelaas dan strukturnya semakin lengkap.
Dalam hubungannya dengan konsep perkembangan orthogenetic yang dikemukakan oleh Werner,maka perubahan-perubahan ke arah terorganisasi dan terintegrasi suatu aspek menunjukkan adanya kontinuitas.
Pada anak pra sekolah dan taman kanak-kanak tampak adanyadiskontinuitas, sedangkan pada kelompok umur yang lebih tinggi sampai dengan mahasiswa menunjukkan kontinuitas.
Menurut Nagel (1957), perkembangan merupakan pengertian dimana terdapat struktur yang terorganisasikan dan mempunyai fungsi-fungsi tertentu, oleh karena itu bilamana terjadi  perubahan struktur baik dalam organisasi maupun dalam bentuk, akan mengakibatkan perubahan fungsi.
Menurut Schneirla (1957), perkembangan adalah perubahan-perubahan progresif dalam organisasi organisme, dan organisme ini melihat sebagai sistem fungsional dan adaptif sepanjang hidupnya. Perubahan-perubahan progresif ini meliputi dua faktor yaitu kematangan dan pengalaman.  
Spiker (1966) mengemukakan dua macam pengertian yang dihubungkan dengan perkembangan,yakni:
1.       Ortogenetik, yang berhubungan dengan perkembangan sejak terbentuknya individu yang baru dan seterusnya sampai dewasa.
2.       Filogenetik, yaitu perkembangan dari asal-usul manusia sampai sekarang ini. Perkembangan perubahan fungsi sepanjang masa hidupnya menyebabkan perubahan tingkah laku, dan perubahan ini juga terjadi sejak permulaan adanya manusia.
Bijou dan Baer (1961) mengemukakan perkembangan psikologis adalah perkembangan progresif yang menunjukkan cara organisme bertingkah laku dan dengan lingkungan. Rumusan lain tentang arti perkembangan dikemukakan oleh Libert, Paulus, dan Strauss (Singgih, 1990:31), yaitu bahwa:”perkembangan adalah proses perubahan dalam pertumbuhan pada suatu waktu sebagai fungsi kematangan dan interaksi dengan lingkungan”.
Perkembangan dapat juga dilukiskan sebagai suatu proses yang kekal dan tetap yang menuju ke arah suatu organisasi pada tingkat integrasi yang lebih tinggi, berdasarkan proses pertumbuhan, kematangan, dan  belajar (Monk,1984:2).

2.       Guru harus dapat memahami perbedaan setiap sifat peserta didik. Perbedaan-perbedaan tersebut menurut Gary ? Mengapa perbedaan-perbedaan tersebut harus dipahami oleh guru?
Jawab: Garry 1963 (Oxendine, 1984: 317) mengategorikan perbedaan individual ke dalam bidang-bidang berikut :
a.       Perbedaan fisik: usia, tingkat dan berat badan, jenis kelamin, pendengaran, penglihatan, dan kemampuan bertindak.
b.      Perbedaan sosial termasuk status ekonomi, agama, hubungan keluarga, dan suku.
c.       Perbedaan kepribadian termasuk watak, motif, minat, dan sikap.
d.      Perbedaan inteligensi dan kemampuan dasar.
e.      Perbedaan kecakapan atau kepandaian di sekolah.



3.       Bagaimana hierarki kebutuhan menurut Moslow?
Jawab:
No.
Deskripsi
Karakteristik
1

2
3

4
Kebutuhan aktualisasi

Kebutuhan untuk memiliki
Kebutuhan akan perhatian dan kasih sayang
Kebutuhan jasmaniah, termasuk keamanan dan pertahanan diri

Kebutuhan yang terkait langsung dengan pengembangan diri yang relatif kompleks, abstrak, dan bersifat sosial.



Kebutuhan yang terkait dengan pertahanan diri, khususnya pemeliharaan diri, bersifat individual.

Keempat macam kebutuhan tersebut bersifat hierarki, dari kebutuhan yang bersifat rendah,  yaitu kebutuhan jasmaniah, sampai dengan kebutuhan yang bertingkat tinggi, yaitu kebutuhan
aktualisasi diri.

Menurut Lewis dan Lewis (Sunarto dan Hartono, 1994:55) kegiatan remaja didorong oleh berbagai kebutuhan yaitu:
a.       kebutuhan jasmaniah
a.       kebutuhan psikologis
b.      kebutuhan ekonomi
c.       kebutuhan sosial
d.      kebutuhan politik
e.      kebutuhan penghargaan; dan
f.        kebutuhan aktualisasi diri

4.       Kemukakan tugas-tugas perkembangan individu!

5.       Tiga komponen perkembangan oleh Bloom!
6.       Apakah itu emosi? Perubahan apa saja jika seseorang mengalami emosi?
7.       Definisi remaja menurut beberapa sudut pandang.

0 komentar: