Rabu, November 28, 2012

Link Download Workshop Matematika

Daftar-daftar unduhan berkas:


  • Kelas 5 (Lima) SD

Senin, November 26, 2012

Sekapur Sirih


Selamat datang kami ucapkan kepada anda semua. Selamat datang di laman kami yang sederhana ini.

Salah satu mimpi kami sebagai calon pendidik ialah menciptakan inovasi dalam sistem pengajaran. Mimpi untuk menampilkan suatu materi matematika yang selama ini dianggap 'mengerikan' menjadi suatu hal yang 'menyenangkan'.

Adalah satu mata kuliah yang bernama "Workshop Matematika" yang memupuk mimpi kami ini sehingga tumbuh subur. Semangat kami terlecut kembali untuk menciptakan suatu materi ajar dengan memaksimalkan kinerja Powerpoint.



Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Yogi Wiratomo, M.Pd yang membimbing kami dengan sabar sehingga kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik.

Terima kasih juga untuk teman-teman semua atas semangatnya yang tak pernah padam. Tetap semangat untuk memperbaiki pendidikan di negeri kita ini.

Semoga isi laman ini berguna bagi pengunjung.


Salam,
Tusino & Ramayanti

================================================


Apa yang dapat kalian pelajari dari laman ini?

Ø      Kelas 5 Sekolah Dasar
1.      Materi dan Soal-soal
  1. Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat Dalam Pemecahan Masalah
  2. Menggunakan Pengukuran Waktu, Sudut, Jarak, Kecepatan Dalam Pemecahan Masalah
  3. Mengitung Luas Bangun Datar Sederhana dan Menggunakannya dalam Pemecahan Masalah
  4. Menghitung Volume Kubus dan Balok Menggunakan-nya dalam Pemecahan Masalah
  5. Pecahan
  6. Sifat-sifat Bangun Datar dan Bangun Ruang

Ø      Kelas 6 Sekolah Dasar
1.      Materi dan Soal-soal
a.       Pengerjaan Hitung Bilangan Bulat
b.      Pengerjaan Hitung Bilangan
c.       Pengukuran
d.      Luas dan Volume
e.       Mengolah Data 1
f.        Pecahan
g.       Sistem Koordinat
h.       Penyajian dan Pengolahan Data

PECAHAN UNTUK KELAS 6 SEKOLAH DASAR





KELOMPOK 8, KELAS 5G EKSTENSI

v     Judul           
Penyajian dan Pengolahan Data(Kelas Enam Sekolah Dasar)

v     Penyusun   
  1. Dewi Putriningsih       201013500712
  2. Theresia Asih             201013500729
  3. Nursadi
  4. Tri wahyudi                 201013500766

Ø      Pembahasan
  1. Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram gambar, batang, dan lingkaran
  2. Menentukan rata-rata dan modus dari suatu data
  3. Mengurutkan data dan menentukan nilai tertinggi dan terendah
  4. Menafsirkan hasil pengolahan data

PENGOLAHAN DATA KELAS 6 UNTUK SEKOLAH DASAR


 

KELOMPOK 7, KELAS 5G EKSTENSI


v     Judul           
Sistem Koordinat (Kelas Enam Sekolah Dasar)

v     Penyusun   
  1. Elly Nurani - 201013500626
  2. Marlinah - 201013500733
  3. Nouvel Akbar – 201013500715
  4. Rendy Andika - 201013500752

Ø      Pembahasan
  1. Menentukan Letak Suatu Benda
  2. Menentukan Letak Koordinat




SISTEM KOORDINAT KELAS 6 SEKOLAH DASAR




KELOMPOK 6, KELAS 5G EKSTENSI

v     Judul           
Pecahan (Kelas Enam Sekolah Dasar)

v     Penyusun   
  1. Ernawati Suratna                   201013500658
  2. Supinah                                   201013500651
  3. Miftahul Ayu Lestari             201013500765
  4. Adhan Ramadan                     201013500                                         

Ø      Pembahasan           :
  1. Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
  2. Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal
  3. Menetukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu
  4. Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
  5. Memecahkan masalah perbandingan dan skala


MENGOLAH DATA KELAS 6 SEKOLAH DASAR



KELOMPOK 5, KELAS 5G EKSTENSI

v     Judul           
Mengolah Data 1 (Kelas Enam Sekolah Dasar)

v     Penyusun   
  1. Dwi Setia Ningrum     (201013500730)
  2. Siti Nurjanah              (201013500621)
  3. Yulia Dahlia                (201013500747)
  4. Ardiansyah                                        

Ø      Pembahasan           :
  1. Mengumpulkan  dan membaca data
  2. Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram gambar, batang, dan lingkaran
  3. Menafsirkan sajian data


PENGUKURAN UNTUK KELAS 6 SEKOLAH DASAR



KELOMPOK 3, KELAS 5G EKSTENSI

v     Judul           
Pengukuran (Kelas Enam Sekolah Dasar)

v     Penyusun   
1.      Ayda Faridah              (20103500765)
2.      I r m a n                      (20103500609)
3.      Julius Hotman            (201013500617)
4.      Theresia Julianti H    (201013500629)
5.      Yunita Lestari            (201013500668)

v     Pembahasan           :
  1. Hubungan antar satuan ukuran
  2. Debit


LUAS DAN VOLUME UNTUK KELAS 6 SEKOLAH DASAR




KELOMPOK 4, KELAS 5G EKSTENSI

v     Judul           
Luas dan Volume (Kelas Enam Sekolah Dasar)

v     Penyusun   
  1. Aning Sukarsih                       201013500770
  2. Iis Mulyani Sholeha               201013500675
  3. Listya Angelia                        201013500667
  4. M. Junaedi                             201013500634

Ø      Pembahasan           :
  1. Menghitung luas berbagai bangun datar
  2. Menghitung luas segi banyak dan luas gabungan bangun datar
  3. Menggunakan rumus dan menghitung volume bangun ruang
  4. Menggunakan luas segi banyak untuk menghitung luas bangun ruang




 

PENGERJAAN HITUNG BILANGAN KELAS 6 SEKOLAH DASAR



 

KELOMPOK 2, KELAS 5G EKSTENSI


v     Judul           
Pengerjaan Hitung Bilangan (Kelas Enam Sekolah Dasar)

v     Penyusun   
1.      LAILATUL BAROKAH                   201013500754
2.      NIKEN SUGIARTI                           201013500743
3.      VELISA WIDIYANTI                       201013500745
4.      NANANG ADHADI                          201013500950
5.   RINA APRIYANI                              201013500625

v     Pembahasan           :
  1. Menentukan Bilangan Hasil Pangkat Tiga
  2. Menentukn Bilangan Akar Pangkat Tiga
  3. Melakukan Pengertaan Hitung Bilangan Pangkat Tiga dan Akar Pangkat Tiga

BILANGAN BULAT KELAS 6 SEKOLAH DASAR


 




KELOMPOK 1, KELAS 5G EKSTENSI

v     Judul           
Pengerjaan Hitung Bilangan Bulat (Kelas Enam Sekolah Dasar)

v     Penyusun   
  1.  Kurnia Febrianti                    ( 201013500728)
  2. Yandi Priyanto                        (201013500605)
  3. Guspawarti                             (201013500674)
  4. Yulia Dahlia                            (201013500705)

v     Pembahasan           :
  1. Menggunakan sifat-sifat pengerjaan hitung
  2. Menentukn FPB dari dua atau tiga bilangan
  3. Menentukan KPK dari dua atau tiga bilangan
  4. Melakukan pengerjan Hitung campuran

Soal-soal Pengukuran (Kelas 5 SD)



KELOMPOK 8, KELAS 5E EKSTENSI

v     Judul           
Soal-soal Pengukuran (Kelas Lima Sekolah Dasar)

v     Penyusun   
  1. Ari Widiastuti                           (201013500496)
  2. Siti Fajar                                   (201013500469)
  3. Hadi Gunawan                          (201013570062)
  4. Nurhayati                                 (201013500395)

v     Pembahasan           :
  1. Menentukan waktu dengan notasi 12 jam dan 24 jam
  2. Mengenal satuan waktu dan melakukan operasi hitung
  3. Mengenal dan mengukur suatu sudut
  4. Menggambar sudut dengan busur derajat
  5. Membaca sudut jarum jam
  6. Mengenal satuan jarak dan kecepatan
  7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan




Pengukuran (Kelas 5 SD)


KELOMPOK 2, KELAS 5E EKSTENSI

v     Judul        
Menggunakan Pengukuran Waktu, Sudut, Jarak, Kecepatan Dalam Pemecahan Masalah  
(Kelas Lima Sekolah Dasar)
v     Penyusun   
1. Minianingsih                            2010135004
2. Nurfajri                                  201013500457
3. Ribut Dwi Wahyuning             2010135004
4. Tri Haryadi                             201013500554
5. Sigit Kamseno                        201013500486

v     Pembahasan           :
  1. Menentukan waktu dengan notasi 12 jam dan 24 jam
  2. Mengenal satuan waktu dan melakukan operasi hitung
  3. Mengenal dan mengukur suatu sudut
  4. Menggambar sudut dengan busur derajat
  5. Membaca sudut jarum jam
  6. Mengenal satuan jarak dan kecepatan
  7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan



Soal-soal Operasi Bilangan Bulat (Kelas 5 SD)




KELOMPOK 6, KELAS 5E EKSTENSI

v     Judul           
Soal-soal Sistem Operasi Bilangan Bulat (Kelas Lima Sekolah Dasar)

v     Penyusun   
  1. Trikurniasih                (201013500438)
  2.  Siti Hadijah                (201013500393)
  3.  Lutfiah                       (201013500466)
  4.  Furi Elanuari             (201013500401)
  5. Ahmadi                       (201013500426)

v     Pembahasan           :
  1. Sifat bilangan bulat
  2. Pembulatan bilangan bulat
  3. Menaksir hasil operasi hitung
  4. Menghitung FPB dan KPK
  5. Perpangkatan dan akar sederhana

Operasi Bilangan Bulat (Kelas 5 SD)


KELOMPOK 1, KELAS 5E EKSTENSI

v     Judul      
Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat Dalam Pemecahan Masalah (Kelas Lima Sekolah Dasar)
v     Penyusun    :
1. Indri Ari Punamasari        201013500458           
2. Deshinta  N. Lestari         201013500419
3. Indah Handayani             201013500579
4. Fitriyana                          201013500232
v     Pembahasan           :
1.      Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran
2.      Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB
3.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK, dan FPB

Rabu, November 14, 2012

SOAL PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK


1.       Dalam kehidupan anak ada dua operasi yang berproses secara kontinyu yaitu pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua hal yang saling berkaitan. Jelaskan!
Jawab :
a.       Pertumbuhan
Pertumbuhan berkaitan dengan perubahan kuantitatif yang menyangkut peningkatan ukuran dan struktur biologis. Pertumbuhan dapat juga diartikan sebagai proses transmisi dari konstitusi fisik (keadaan tubuh atau keadaan jasmaniah) yang herediter dalam bentuk proses aktif secara berkesinambungan.
Hasil pertumbuhan antara lain berwujud bertambahnya ukuran-ukuran kuantitatif badan anak, seperti panjang, berat, dan kekuatannya. Begitu pula pertumbuhan mencangkup perubahan yang semakin sempurna dalam sistem jaringan saraf dan perubahan-perubahan struktur jasmani lainnya. Maka dengan demikian, pertumbuhan dapat juga diartikan sebagai proses perubahan dan proses pematangan fisik.
 Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan yang kurang normal pada organisme, yakni:
Pertama,faktor-faktor yang terjadi sebelum proses kelahiran. Misalnya, peristiwa kekurangan nutrisi pada ibu dan janin terkena virus , keracuan sewaktu dalam kandungan. Atau terkena penyakit seperti TBC, kolera, tifus, dan lain-lain.
Kedua, faktor ketika lahir atau pada saat proses kelahiran. Faktor ini antara lain adalah intracranial haemorage atau pendarahan pada bagian kepala bayi yang disebabkan oleh terkena dari dinding rahim ibu sewaktu bayi dilahirkan dan oleh efek susunan saraf pusat, karena proses kelahiran bayi dilakukan dengan bantuan tang (tangver-lossing).
Ketiga, faktor yang dialami bayi setelah proses kelahiran, antara lain karena oengalaman traumatik pada bagian kepala, kepala bagian dalam terluka karena kepala bayi (janin) terpukul atau mengalami serangan sinar matahari (zonnestiek) atau infeksi pada otak atau selaput otak. Semua penyebab tersebut mengakibatkan pertumbuhan bayi dan anak sangat terganggu.
Keempat, faktor psikologis antara lain karena bayi ditinggalkan ibu, ayah, atau kedua orang tuanya. Sebab lain yaitu anak-anak dititipkan pada suatu lembaga, seperti rumah sakit atau     rumah yatim. Anak-anak tersebut mengalami kehampaan psikis (innanitie psikis), sehingga mengakibatkan kelambatan pertumbuhan pada semua fungsi jasmaniah. Pertumbuhan fisik memang mempengaruhi perkembangan psikologis, demikian juga sebaliknya factor psikologis dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik.

b.      Perkembangan
Secara umum konsep perkembangan dikemukakan oleh Werner (1957) sebagai berikut:”Perkembangan sejalan dengan prinsip orthogenesis, bahwa perkembangan berlangsung dari keadaan global dan kurang berdiferensiasi sampai ke keadaan dimana diferensiasi, artikulasi, dan integrasi meningkat secara bertahap,” proses diferensiasi itu diartikan sebagai prinsip totalitas pada diri seorang anak.
Sejak bayi dilahirkan, ia telah mempunyai “gambaran total atau gambaran lengkap” tentang dunia ini, hanya saja gambaran tersebut masih kabur dan samar-samar. Terbawa oleh perkembangannya, gambaran total yang samar-samar berangsur-angsur menjadi terang dan bagian-bagiannya bertambah nyata, jelaas dan strukturnya semakin lengkap.
Dalam hubungannya dengan konsep perkembangan orthogenetic yang dikemukakan oleh Werner,maka perubahan-perubahan ke arah terorganisasi dan terintegrasi suatu aspek menunjukkan adanya kontinuitas.
Pada anak pra sekolah dan taman kanak-kanak tampak adanyadiskontinuitas, sedangkan pada kelompok umur yang lebih tinggi sampai dengan mahasiswa menunjukkan kontinuitas.
Menurut Nagel (1957), perkembangan merupakan pengertian dimana terdapat struktur yang terorganisasikan dan mempunyai fungsi-fungsi tertentu, oleh karena itu bilamana terjadi  perubahan struktur baik dalam organisasi maupun dalam bentuk, akan mengakibatkan perubahan fungsi.
Menurut Schneirla (1957), perkembangan adalah perubahan-perubahan progresif dalam organisasi organisme, dan organisme ini melihat sebagai sistem fungsional dan adaptif sepanjang hidupnya. Perubahan-perubahan progresif ini meliputi dua faktor yaitu kematangan dan pengalaman.  
Spiker (1966) mengemukakan dua macam pengertian yang dihubungkan dengan perkembangan,yakni:
1.       Ortogenetik, yang berhubungan dengan perkembangan sejak terbentuknya individu yang baru dan seterusnya sampai dewasa.
2.       Filogenetik, yaitu perkembangan dari asal-usul manusia sampai sekarang ini. Perkembangan perubahan fungsi sepanjang masa hidupnya menyebabkan perubahan tingkah laku, dan perubahan ini juga terjadi sejak permulaan adanya manusia.
Bijou dan Baer (1961) mengemukakan perkembangan psikologis adalah perkembangan progresif yang menunjukkan cara organisme bertingkah laku dan dengan lingkungan. Rumusan lain tentang arti perkembangan dikemukakan oleh Libert, Paulus, dan Strauss (Singgih, 1990:31), yaitu bahwa:”perkembangan adalah proses perubahan dalam pertumbuhan pada suatu waktu sebagai fungsi kematangan dan interaksi dengan lingkungan”.
Perkembangan dapat juga dilukiskan sebagai suatu proses yang kekal dan tetap yang menuju ke arah suatu organisasi pada tingkat integrasi yang lebih tinggi, berdasarkan proses pertumbuhan, kematangan, dan  belajar (Monk,1984:2).

2.       Guru harus dapat memahami perbedaan setiap sifat peserta didik. Perbedaan-perbedaan tersebut menurut Gary ? Mengapa perbedaan-perbedaan tersebut harus dipahami oleh guru?
Jawab: Garry 1963 (Oxendine, 1984: 317) mengategorikan perbedaan individual ke dalam bidang-bidang berikut :
a.       Perbedaan fisik: usia, tingkat dan berat badan, jenis kelamin, pendengaran, penglihatan, dan kemampuan bertindak.
b.      Perbedaan sosial termasuk status ekonomi, agama, hubungan keluarga, dan suku.
c.       Perbedaan kepribadian termasuk watak, motif, minat, dan sikap.
d.      Perbedaan inteligensi dan kemampuan dasar.
e.      Perbedaan kecakapan atau kepandaian di sekolah.



3.       Bagaimana hierarki kebutuhan menurut Moslow?
Jawab:
No.
Deskripsi
Karakteristik
1

2
3

4
Kebutuhan aktualisasi

Kebutuhan untuk memiliki
Kebutuhan akan perhatian dan kasih sayang
Kebutuhan jasmaniah, termasuk keamanan dan pertahanan diri

Kebutuhan yang terkait langsung dengan pengembangan diri yang relatif kompleks, abstrak, dan bersifat sosial.



Kebutuhan yang terkait dengan pertahanan diri, khususnya pemeliharaan diri, bersifat individual.

Keempat macam kebutuhan tersebut bersifat hierarki, dari kebutuhan yang bersifat rendah,  yaitu kebutuhan jasmaniah, sampai dengan kebutuhan yang bertingkat tinggi, yaitu kebutuhan
aktualisasi diri.

Menurut Lewis dan Lewis (Sunarto dan Hartono, 1994:55) kegiatan remaja didorong oleh berbagai kebutuhan yaitu:
a.       kebutuhan jasmaniah
a.       kebutuhan psikologis
b.      kebutuhan ekonomi
c.       kebutuhan sosial
d.      kebutuhan politik
e.      kebutuhan penghargaan; dan
f.        kebutuhan aktualisasi diri

4.       Kemukakan tugas-tugas perkembangan individu!

5.       Tiga komponen perkembangan oleh Bloom!
6.       Apakah itu emosi? Perubahan apa saja jika seseorang mengalami emosi?
7.       Definisi remaja menurut beberapa sudut pandang.